Literatur review 20 jurnal

Literatur Review 20 Jurnal Ilmiah

Daftar Pustaka



Alvionita, M., Bedjo Tanudjaja, B., & Malkisedek, M. H. (2023). Perancangan Art Book Desain Karakter untuk Melestarikan Pakaian dan Kesenian Tradisional Jawa. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 8(1).

Ariella, R., Rori, Y., & Wahyudi, A. T. (n.d.). PROSES KREATIF PEMBUATAN DESAIN KARAKTER DALAM KARYA ILUSTRASI. https://www.instagram.com/marina_sidneva/

Avisenna, E., Alvanov, Z., & Naomi, H. (n.d.). Kajian Daya Tarik Visual pada Desain.

Daniar, A., Komunikasi, D., & Seni, P. (n.d.). DESKOVI : Art and Design Journal KAJIAN VISUAL KARAKTER DESAIN WEBTOON BE A POEM (Vol. 3, Issue 2).

Febyanti, F., Daniar, A., & Ayuswantana, A. C. (n.d.). Prosiding SNADES 2022-Desain Kolaborasi Interdisipliner di Era Digital PENGARUH DESAIN KARAKTER DALAM SEBUAH GAME TERHADAP PEMAINNYA.

Haryadi, T., & Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro, D. (2014). PERANCANGAN MODEL WUJUD VISUAL TOKOH PEWAYANGAN DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DAN WATAK TOKOH SEBAGAI ACUAN DESAIN KARAKTER DALAM KARYA DKV. In 56 JURNAL DEKAVE (Vol. 7, Issue 2).

Hidayat, S., & Rosidin, M. (2018). VISUALISASI DESAIN KARAKTER MAHASISWA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA PAPAN PERMAINAN KULIAH SENI & DESAIN. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 03(02). http://bit.do/demandia

Homan, D. K. (n.d.). EKSPLORASI VISUAL DIRI DALAM DESAIN KARAKTER.

Maharani, L., Rizki, D., Rakhman, T., Universitas, *, Jakarta, N., Pendidikan, J., & Rupa, S. (n.d.). EKSPLORASI DESAIN KARAKTER UNTUK KAMPANYE SOSIAL PLUS SIZE. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi

Mandy, R., & Hahury, S. (n.d.). Analisis Pengaplikasian Teori Warna dan Penggunaan Siluet dalam Desain Karakter.

Novica, D. R., & Hidayat, I. K. (2018). KAJIAN VISUAL DESAIN KARAKTER PADA MASKOT KOTA MALANG. In Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS) (Vol. 3, Issue 2).

Oleh. (2020a). ANALISIS ELEMEN DALAM PENCIPTAAN KARAKTER DESAIN DI DALAM IP HYPNOSIS MIC-SEIYUU X RAPPER PROJECT. 7(2). https://doi.org/10.2241/narada.2020.v7.i2.001

Oleh. (2020b). ANALISIS ELEMEN DALAM PENCIPTAAN KARAKTER DESAIN DI DALAM IP HYPNOSIS MIC-SEIYUU X RAPPER PROJECT. 7(2). https://doi.org/10.2241/narada.2020.v7.i2.001

Resmika Andelina, I., & Souwandi, R. (2021a). ANALISIS ANTHROPOMORPHISM DALAM DESAIN KARAKTER GIM ARKNIGHTS: Vol. XIV (Issue 2).

Resmika Andelina, I., & Souwandi, R. (2021b). ANALISIS ANTHROPOMORPHISM DALAM DESAIN KARAKTER GIM ARKNIGHTS: Vol. XIV (Issue 2).

Virena Nathania, N., Kadiasti, R., Haryadi, T., Studi Animasi, P., & Studi Desain Komunikasi Visual, P. (n.d.). IMPLEMENTASI BAHASA RUPA DAN ARCHETYPE PADA KERANGKA DESAIN KARAKTER DENGAN GESTUR BUDAYA JAWA: STUDI KASUS SERIAL ADIT SOPO JARWO (Vol. 25). https://www.educenter.id/wp-

VISUALISASI DESAIN KARAKTER TOKOH DALAM FILM ANIMASI “THE BATTLE OF SURABAYA.” (n.d.-a).

VISUALISASI DESAIN KARAKTER TOKOH DALAM FILM ANIMASI “THE BATTLE OF SURABAYA.” (n.d.-b).

Yunus, P. P., Muhaemin, M., & Artikel, G. (2022). Semiotika dalam Metode Analisis Karya Seni Rupa Semiotics in Fine Art Work Analysis Methods (Vol. 04, Issue 1). https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/sasak/workflow/index/868/5

 



Perancangan Buku Panduan Membuat Desain 

Tinjauan Desain Karakter Komik Mice terhadap 
Kesesuaian Karakter Indonesia

IMPLEMENTASI BAHASA RUPA DAN 
ARCHETYPE PADA KERANGKA DESAIN 
KARAKTER DENGAN GESTUR 
BUDAYA JAWA: STUDI KASUS SERIAL 
ADIT SOPO JARWO
 



Kesimpulan 
Pada pembuatan tokoh pada cerita ada banyak sekali yang perlu dipertimbangkan, karena tokoh pada sebuah cerita adalah aspek yang cukup penting tokohlah yang melakoni jalannya cerita maka dari itu perlu dipertimbangkan juga alternatif desain dari desain karakter dari tokoh agar penonton dapat membedakan tokoh karakter satu dengan yang lainya, yaitu dengan merancang karakter, pada animasi ada prisip appeal yaitu daya tarik visual pada karakter, perancangan kostum dan property , dikarenakan cerita mengambil tema sejarah perlu adanya riset untuk referensi pada cerita, seperti baju dan sepatu  boots tentara yang mengambil dari referensi pada masa lalu, akan tetapi terkadang penciptaan pada properti tidak dibuat benar benar sama,( contohnya, senjata pistol yang dimodifikasi) ini dimaksudkan agar tidak memberikan kesan yang membosankan dan juga kondisi pada masa lalu tidak selalu ideal untuk dijadikan referensi (contohnya seperti tentara perjuang pada masa itu tidak memakai baju hanya memakai celana misalnya) Proses kreatif pada pembuatan desain karakter dapat beragam, banyak cara dapat dilakukan salah satunya yaitu dengan menggunakan story, shape ,flow( aksesoris yng melekat pada tubuh karakter)dan karakteristik akan lebih menonjol dan juga dapat mudah untuk dikenali ,tetapi skill dan pengetahuan dasar atau basic seperti anatomi, perspektif, juga cukup krusial untuk terus dilatih
Color pallet dapat menjadi penentu sebuah penyampaian cerita ywng ingin disampaikan melalui karya seni poster maupun ilustrasi apalagi jika dilakukan secara tepat sedari awal, karena color pallet dapat memberikan kesan dan juga makna 
desain adalah pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda dalam topik ini adalah karakter desain, desain karakter fiksi, desain karater adalah bentuk ilustrasi yang hadir dengan konsep manusiadengan segala atribut yang dipakai(sifat, fisik , frofesi, tempat tinggal bahkan takdir)
Dalam mendesain karakter kita dapat mempertimbangkan dan juga pendekatan mana yang ingin kita pakai untuk membuatnya karena ada  Banyak sekali cara yang dalam mendesain suatu karakter begitu pula dengan unsur unsur pendukung yang juga perlu dipertimbangkan seperti warna dalam warna terdapat banyak teori warna contohnya skema warna, dalam skema warna ada banyak sekali variasi dan kombinasi warna yang serasi dan juga ada warna yang kontras semua tergantung pada kesan apa yang mau diberikan pada karakter, juga ada psikologi warna, dalam psikologi warna kita dapat memahami bahwa warna juga berperan penting dalam memberikan kesan pada suatu karakter, contoh pada warna hangat seperti warna merah dapat memberikan kesan karakter yang bersemangat ,atau warna biru dapat memberikan kesan dingin pada karakter, selain warna bentuk atau pun siluet juga dapat dijadikan unsur pendukung pada saat proses mendesain dan juga memberikan kesan yang membuat karakter menjadi lebih menarik dan tidak monoton, pakaian juga menjadi unsur yang dapat dipertimbangkan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ketertarikan pada objek visual baju adat

minat kajian